Pengantar

Seniman dan filsuf memiliki kepekaan dan rasa yang sama dalam konteks estetika, bedanya adalah, filsuf mengejawantahkannya dalam bentuk pemikiran atau konsep berpikir, sementara seniman dalam reka olah bentuk dan visual, itulah kenapa ungkapan “seniman mampu menandai zamannya”, adalah ungkapan yang tidak berlebihan. Seniman memiliki kepekaan khusus pada wilayah rasa estetik ketika merespons sesuatu baik fenomena ataupun noumena, yang dialaminya secara empirik maupun imajinatif.

Kondisi sosial yang terjadi saat ini, dengan adanya pandemi Covid-19 ini bagi seniman selain menggugah perasaannya untuk diekspresikan dalam bentuk karya seni, namun juga menggugah empatismenya, perasaan yang menitikberatkan pada kepedulian terhadap penderitaan sesama yang terkena dampak pandemi ini. Perasaan humanisme ini pula yang menggugah Kelompok Ambari, yakni kelompok seniman asal Kota Bandung yang terbentuk di era 90an akhir, kelompok ini menggelar program Pameran Daring Amal, dengan tajuk “Harus Segera!”, pameran virtual yang memamerkan karya-karya para anggotanya dengan tujuan untuk dijual dan hasil penjualannya itu akan didonasikan seluruhnya untuk penanggulangan wabah pandemi ataupun bagi saudara-saudara yang terkena dampak pandemi ini.

Pameran ini merupakan bentuk responsibility Kelompok Ambari demi merespons dan peduli terhadap lingkungan dan sesama umat manusia. Karena konteksnya membantu sesama maka tentunya tidak boleh ada rasa pamrih, apalagi ditunda-tunda lagi, tetapi harus segera!

Ismet Zainal Effendi, Juli 2020

Transaksi
  1. Harga yang tercantum adalah harga “Khusus Pandemi”.
  2. Karya dijual tanpa Frame.
  3. Pembeli melakukan proses “Booking” terlebih dahulu kepada pihak panitia.
  4. Masa booking adalah 2 x 24 Jam, apabila melewati masa itu maka proses transaksi dinyatakan batal dan akan dialihkan kepada peminat berikutnya. (Kecuali ada kesepakatan khusus antara pembeli dengan panitia).
  5. Pembeli harus membayar dengan cara mentransfer kepada rekening panitia setelah proses booking (rekening MANDIRI 9000021793675 a/n Nadyn Arlinda Arru dengan menyertakan berita berisi kode karya yang akan dibeli).
  6. Karya akan segera dikirimkan oleh seniman setelah pembayaran lunas dengan disertai bukti transfer ke rekening panitia.
  7. Biaya pengemasan dan pengiriman ditanggung oleh pembeli (dalam dan luar negeri).
  8. Apabila ada peminat atau pembeli karya dari salah-satu seniman namun karyanya sudah habis, maka ada opsi Pre-Order.
  9. Proses “booking”, Pembayaran, dan informasi mengenai pembelian karya lainnya silahkan menghubungi Nara-Hubung Kami Nadyn (HP/WA : 081322377355).

Panitia
  • Ketua dan Penanggung jawab materi : Ismet Zainal Effendi
  • Manajer proyek : Yustinus Ardhitya
  • Administrator manajerial : Nadyn Arlinda Arru
  • Penanggung jawab acara dan Dokumentasi : Parlindungan Ravelino
  • Penanggung jawab materi publikasi : Gilang Muhammad Ajiswara
  • Penanggung jawab media sosial dan Publikasi : Syahfadil Kurniawan , Julius Setiawan
  • Penanggung jawab situs web : Nur Alam Sadikin
  • Kordinator internal : Indra Widiyanto , Joedith Thjristianto